Kopi Luwak Khas Kabupaten Pangandaran

Kabupaten Pangandaran tidak hanya dikenal dengan pantainya saja yang eksotis. Namun di Pangandaran, terdapat dataran tinggi yang subur. Misalnya saja di Desa Langkap Lancar Kecamatan Langkap Lancar Kabupaten Pangandaran. Disini terdapat Gunung Porang yang benar-benar memukau dengan pemandangan berupa lahan hutan hijau dan lautan lepas pantai Pangandaran.

Di Gunung Porang terdapat banyak sekali tanaman kopi. Kopi yang khas di daerah tersebut adalah Kopi Luwak. Sesuai dengan namanya, biji kopi dibiarkan dikonsumsi oleh Luwak. Luwak biasanya hanya memakan biji kopi yang benar-benar matang. Dikarenakan sistem pencernaan luwak sederhana, menimbulkan biji kopi masih utuh ketika keluar bersama feses. Sistem pencernaan luwak hanya mengelola kulit dan daging biji kopi saja. Enzim pada sistem pencernaanya mampu mengurangi kadar asam pada biji kopi. Nah, petani kopi di Gunung Porang ini, kemudian mengumpulkan biji kopi tersebut.

Langkah selanjutnya, biji kopi dijemur di bawah sinar matahari. Biji kopi yang sudah kering lalu di sangrai–roasting–kemudian ditumbuk menggunakan alat yang masih tradisional–tumbukan yang terbuat dari kayu.

Bagi anda pecinta kopi yang sedang menikmati liburan di Kawasan Kabupaten Pangandaran, silahkan berkunjung ke daerah Gunung Porang untuk mencicipi secangkir kopi luwak yang memiliki aroma serta rasa yang mantap sambil menikmati panorama alam yang begitu indah dan sejuk.

Artikel Lainnya

Leave a Comment