Kopi Cikueuk Khas Pangandaran

Dataran tinggi Kabupaten Pangandaran memiliki panorama alam yang spesial. Kondisi tanah yang subur menjadikan dataran tinggi ini sangat cocok untuk berkebun baik dalam skala kecil ataupun besar.

Di pegunungan Pangandaran terdapat pekebunan kopi dalam skala besar. Contohnya perkebunan Kopi Cikueuk yang dikelola oleh Serikat Petani Pasundan (SPP) ini. SPP menanam kopi jenis robusta di hutan dataran tinggi Pangandaran.

Perkebunan Kopi Cikueuk di pegunungan Pangandaran berada pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Hasil kopi pada tiap musim panen kurang lebih sebanyak 400 ton.

Kopi Cikueuk diambil dari nama blok hutan yang ditanami kopi oleh SPP. Kopi ini merupakan salah satu kopi khas Pangandaran.

Pengolahan kopi ini dilakukan masih menggunakan cara-cara tradisional dan tanpa dicampur dengan bahan pengawet sedikit pun. Hal ini dimaksudkan agar cita rasa kopi tidak berubah.

Kopi Cikueuk disajikan tanpa ampas. Kopi ini tidak menimbulkan rasa mual bagi penikmatnya, bahkan bagi yang punya penyakit Maag jangan khawatir tidak dapat menikmati kopi tersebut.

Untuk sementara ini, Kopi Cikueuk hanya dapat dinikmati di Sekretariat SPP Pangandaran di Pantai Timur Obyek Wisata Batuhiu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Disini, anda dapat menikmati secangkir kopi Cikueuk sambil menikmati panorama pantai yang menawan.

Jika kita hendak melihat kebun kopi Cikueuk pihak SPP telah menyediakan pemandu untuk mengantar ke lokasi perkebunan kopi tersebut. Selain itu, kita juga bisa belajar bercocok tanam tanaman kopi disana.

Artikel Lainnya

Leave a Comment