Kerajinan Tangan Desa Wonoharjo-Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan gugusan pantai yang memiliki daerah batu karang yang masih terjaga habitatnya. Batu karang adalah habitat bagi binatang laut. Semakin baik terumbu karang, semakin banyak pula binatang laut bersarang.

Di Pangandaran banyak sekali hiasan ataupun pernak-pernik yang berasal dari kerang. Tak jarang, kerang-kerang ini dijadikan kerajinan yang unik dengan berbagai bentuk serta motif dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Selain kerajinan kerang, di Desa Wonoharjo Kecamatan Pangandaran terdapat pula kerajinan yang berbahan dasar dari bambu. Misalnya saja kerajinan tangan kepis–korang.

Kepis/korang merupakan salah satu perlengkapan memancing yang biasa orang zaman dulu gunakan sebagai wadah ikan.  Selain praktis dibawa dan unik, perlengkapan mancing yang satu ini pun ringan dan memiliki tingkat keawetan hingga bertahun-tahun.

Ukuran kepis memiliki banyak variasi. Tergantung tingkat kebutuhan pemakainya. Semakin besar ikan yang diperoleh, maka wadahnya pun akan semakin besar pula, bukan??

Bagi anda yang berminat bisa langsung datang ke Desa Wonoharjo, RT.02/RW.09 No. 348 Dusun Wonoharjo Blok Pabrik Minyak, Jl. Raya Cijulang Kecamatan Pangandaran atau bisa juga menghubungi contact person : 082129863282.

Artikel Lainnya

Leave a Comment